Tuesday, March 11, 2014

Gagal Registrasi di Aplikasi Dapodikdas

Berdasarkan pengamatan dalam perjalanan aplikasi dapodikdas sampai saat ini, rata-rata pengguna aplikasi pemula mengalami kesulitan dalam melakukan Registrasi di aplikasi. Masalah ini ditandai dengan adanya keterangan "Kode Registrasi Tidak Ditemukan".



Tenang sodara-sodara.. jangan pusing dulu, hehe....
Apakah penyebabnya? ada beberapa penyebab kegagalan tersebut bisa terjadi, diantaranya :

  • Kesalahan penulisan koderegistrasi
Pastikan penulisan koderegistrasinya sudah benar. Apabila koderegistrasi dicatat dengan menggunakan tulisan tangan biasanya terdapat kesalahan dalam pembacaan kodereg tersebut misalkan seharusnya 4DACI5T6H terbaca oleh operator 4DAC1STGH. Hati-hati dalam pembacaan I dengan 1, S dengan 5, G dengan 6, A dengan 4, dan sebagainya. Solusinya jika kode registrasi akan dicatat dengan menggunakan tulis tangan, pada huruf berupa angka diberikan garis bawah sehingga kita  dapat membedakan mana yang huruf dan mana yang angka.




  • Belum ada folder prefill_dapodik yang isinya data prefill sekolah
Jika koderegistrasi sudah yakin benar, maka selanjutnya adalah pastikan di Drive C sudah dibuat folder prefill_dapodik. Folder ini ibarat alamat bagi data prefill, dimana aplikasi ketika akan mencari data prefill akan mencari folder tersebut. jangan biarkan folder ini kosong, copy kan hasil download data prefill ke folder tersebut.




  • Kesalahan penulisan folder prefill_dapodik dan data prefill
Suspect selanjutnya, bila belum berhasil juga, biasanya karena kesalahan penulisan folder, misalkan prefil_dapodik atau prefill_dapodikdas. bisa juga karena nama data prefill yang berubah dikarenakan download data prefill yang sama berkali-kali sehingga misalkan seharusnya nama data prefillnya 48kfwofjpwojfp4989dsids.prf menjadi 48kfwofjpwojfp4989dsids(1).prf


Bila registrasi berhasil maka akan muncul informasi seperti gambar dibawah ini. Alhamdulillah... \(^o^)/